Kami mengerti bahwa Pernikahan Anda sangat penting...Maka Kami memberikan Pelayanan dengan Sepenuh Hati

Asinan Betawi Nyang Asam Segar

Diposting oleh :katering mardika
Sabtu, 13 Agustus 2011 - 22:11:54 WIB
Dibaca: 1243 kali


Jenis makanan ini selalu hadir pada perayaan ulang tahun Jakarta. Rasanya gurih, segar dan pedas. Isinya terdiri dari aneka sayuran segar yang menyehatkan. Kuah sambal kacang, dan potongan kerupuk mi kuning membuatnya makin asyik disantap.

Kalau suhu udara sedang panas, paling enak tentu menyantap yang asam segar. Sambil memperingati HUT Jakarta ke 484, Anda bisa mencicipi asinan segar ini. Asinan yang banyak dijajakan di sudut-sudut kota ini merupakan hidangan khas Betawi yang masih dicintai banyak orang.

Asinan merupakan jenis makanan yang dibuat dengan cara pengacaran atau proses melalui penambahan garam atau asam cuka (cuka aren). Biasanya bahan yang dipakai, macam – macam buah atau sayur segar.

Racikan pada asinan ini merupakan kulturasi budaya lokal Betawi dengan Cina. Isinya sangat komplet ada timun, kol, wortel, sawi asin, tauge, lobak, timun, lokio, dan potongan tahu segar. Diberi kuah kacang plus sedikit kucuran gula merah. Sebagai pelengkap kerupuk mi kuning plus kacang goreng yang menggoda selera.

Istilah asin berasal dari proses pengawetan dengan merendam buah atau sayur dalam larutan air dan garam. Asinan sangat mirip dengan rujak, namun bedanya bahan rujak disajikan segar, sedangkan bahan asinan disajikan dalam keadaan diasinkan atau diacar.

Asinan memiliki banyak ragam, namun yang paling terkenal adalah asinan Betawi dan asinan Bogor. Asinan Betawi merupakan asinan sayuran khas Betawi. Kuahnya berupa campuran kacang tanah yang dihaluskan, gula dan cabai merah halus serta cuka aren.

Sedangkan, untuk asinan Bogor bahannya hampir sama dengan asinan Betawi. Bisa berupa aneka sayuran segar atau berbagai jenis buah-buahan tropis yang diasinkan atau diacar seperti mangga muda, jambu air, pepaya, pala dan nanas. Kuahnya bening kemerahan dengan rasa manis asam segar. Ditaburi dengan kacang goreng dan kerupuk mi.

Pada umumnya, semua asinan tradisional ini, tidak hanya disajikan pada perayaan ulang tahun Jakarta saja, melainkan hampir disetiap sudut Jakarta. Penjaja biasanya bekeliling kampung sambil memukul stoples dan berbunyi ..kling ..kling.. sambil berteriak 'asinan'.

Untuk menyantap, sayuran ini harus diaduk rata demikian juga remasan kerupuknya. Setelah itu barulah bisa dinikmati. Sayuran yang segar plus kerupuk yang sudah mulai layu terendam kuah membuat santapan ini makin enak dan makin menggiurkan.

Walaupun bukan sebagai makanan utama namun asinan ini cukup mengenyangkan. Cocok bagi mereka yang ingin menikmati hidangan segar saat cuaca panas seperti ini.


 


Pencarian
Layanan Pelanggan
Custumer Service 1
Custumer service 2

Jajak Pendapat
Bagimana Pelayanan Dari Waiter Kami ?

 Puas
 standard
 Kurang Memuaskan
 Sangat Memuaskan

Bank Pembayaran

Pengunjung Online
  Pengunjung Online : 1
  Hits hari ini : 53

kembali ke atas

kembali ke atas